"matikan rokok sebelum rokok mematikan"

Jika anda tidak merokok atau belum pernah merokok, lebih baik jangan memulainya atau pun jangan pernah mau untuk mencobanya. dan bagi yang sudah biasa merokok (perokok) ada baiknya jangan terlalu banyak merokok dan lebih baik lagi kalau anda menghentikan kebiasaan merokok, karena merokok adalah salah satu kebiasaan buruk dengan resiko yang teramat besar untuk kesehatan.

Rokok jenis apapun tidak aman, walaupun sang produsen menawarkan kadar tar dan nikotin yang rendah tetap saja rokok itu sangat berbahaya buat kesehatan. Buktinya setiap produsen rokok diharuskan oleh pemerintah untuk mencantumkan tulisan :
"MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN"

Setiap kali menghirup asap rokok, entah sengaja atau tidak, berarti juga mengisap lebih dari 4.000 macam racun. Karena itulah, merokok sama dengan memasukkan racun-racun tadi ke dalam rongga mulut dan tentunya paru-paru. Merokok mengganggu kesehatan, kenyataan ini tidak dapat kita pungkiri. Banyak penyakit telah terbukti menjadi akibat buruk merokok, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kebiasaan merokok bukan saja merugikan si perokok, tetapi juga bagi orang di sekitarnya atau yang biasa di sebut perokok pasif (secondhand smoke).

Zat berbahaya dari rokok yang paling sering kita dengar adalah tar dan nikotin. Nikotin meracuni saraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan penyempitan pembulu darah tepi dan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada perokok. Kadar nikotin 4mg - 6mg yang diisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa membuatnya ketagihan.
Tar adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia dalam komponen padat asap rokok, dan bersifat karsinogen. Pada saat rokok diisap tar masuk kedalam rongga mulut sebagai uap padat, setelah dingin akan menjadi padat dan membentuk endapan berwarna cokelat pada permukaan gigi, saluran pernapasan dan paru-paru. pengendapan ini bervariasi antara 3mg - 40mg per batang rokok.
Silahkan bandingkan kadar tar dan nikotin rokok anda pada kemasan rokok..!!!

1 komentar: